Jumat, 23 November 2012

Pencegahan Untuk Meminimalkan Data Loss atau Harddisk Rusak


Langkah - Langkah Pencegahan Untuk Meminimalkan Data Loss/HDD Rusak

  1. Pada Saat harddisk sedang beroperasi jangan mematikan Komputer anda secara tiba-tiba
  2. Pada Saat computer sedang Nyala , jangan memindahkannya.
  3. Secara periodic. Lakukan backup terhadap data penting anda.
  4. Pada saat Komputer anda bermasalah, secepatnya konsultasi dengan orang yang berpengalaman untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  5. Pasang Anti Virus didalam Koputer anda. Dan lakukan Upgrade secara normal.
  6. Pada saat kehilangan data pada computer, jangan menggunakan automatis recovery software. Karena terkadang akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.
  7. Gunakan UPS pada computer anda.
  8. Pada saat harddisk mengeluarkan Bunyi. Secepatnya konsultasikan dengan teknisi yang berpengalaman untuk menemukan solusi yang terbaik.
  9. Jangan terlalu sering membuka casing computer anda. Kecuali ada kerusakkan atau Upgrading
  10. lakukan management yang teratur pada pembagian pertisi anda. Biasakan untuk tidak menyimpan data anda pada partisi C: Drive.

Masalah Partisi

File system FAT (file allocation table) menawarkan kompatibilitas yang baik. Kebanyakan sistem operasi mampu mengakses file system ini tanpa kesulitan. Bahkan dalam lingkungan DOS sekalipun, filesystem ini akan sangat mudah diakses. Itu berita baiknya.
Sayangnya file system ini mempunyai beberapa keterbatasan. Seperti untuk masalah security, user right, ataupun keterbatasan ukuran file maksimal. Untuk FAT32 hanya bisa dilakukan pada sebuah partisi yang tidak lebih besar dari 32 GB (32.768 MB), dengan besar sebuah file maksimal masing-masing adalah 2 GB.
File system NTFS untuk sistem operasi Windows menawarkan fasilitas yang lebih baik. Terutama untuk security, enkripsi, disk quota, pengaturan user right juga efektifitas penggunaan space. Sayangnya NTFS tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows 95/98 maupun Me.

Jadi jika Anda memerlukan partisi yang bisa diakses oleh sistem operasi Windows 95/98/Me, sebaiknya Anda memilih file system FAT32. Jika Anda tidak perlu memikirkan kompatibilitas dengan sistem operasi lain, pilihlah NTFS yang memiliki keleluasaan yang jauh lebih baik.

NTLDR Missing

Jika saat menghidupkan komputer, muncul tulisan “NTLDR is Missing” press CTRL+ALT+DEL to restart." Setelah restart, pesan error ini tetap saja muncul, maka cara memperbaikinya adalah:
Solusinya adalah bila Anda pengguna Windows XP, masukkan Windows XP bootable CD, kemudian restart PC. Begitu masuk ke menu instalasi, tekan [R] untuk memilih opsi Repair Windows. Selanjutnya, tekan [1] untuk masuk ke menu instalasi Windows. Masukkan password administrator, kemudian coba salin dua file yang dibutuhkan oleh Windows dengan mengetikkan copy d:\i386\ntldr c:\, lalu tekan [Enter]. Ketik copy ntdetect.com c:\, kembali tekan [Enter]. Keluarkan CD installer Windows XP, dan restart PC.

1 komentar: