Minggu, 11 November 2012

PENGENALAN SISTEM OPERASI KOMPUTER


Oke bagi temen-temen  ada baiknya kita mengenal sistem operasi komputer, sebab pengalaman saya ketika mengajar privat komputer masih ada yang takut menyalahkan komputer, maklum yang diajar usianya sudah kadaluarsa alias orang jadul, oke kita simak saja langsung ya..
  
Sistem operasi komputer yang banyak dipakai adalah Microsoft Windows. Windows terdiri dari banyak versi, di antaranya Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP, Windows 7 dan yang terbaru adalah Win 8

Masing-masing versi memiliki kelemahan tersendiri yang diperbaiki di versi berikutnya. Namun secara garis besar, penggunaan sistem operasi Windows relatif sama antara versi yang awal dengan versi berikutnya.

Kita akan sedikit mengupas fasilitas pada Windows XP.


MENJALANKAN KOMPUTER

Untuk mulai menjalankan komputer, anda perlu memastikan bahwa seluruh komponen komputer terhubung dengan baik melalui konektor-konektornya, dan komputer terhubung pada supply listrik.

Selanjutnya tekan tombol power pada CPU serta tombol power pada monitor.

Proses awal start sebuah komputer dinamakan proses booting. Dalam proses ini, program dalam BIOS akan memeriksa seluruh hardware yang terhubung dengan motherboard apakah sudah siap untuk menjalankan tugas masing-masing atau ada yang mengalami kegagalan.

BIOS (Basic Input Output System) adalah sebuah chip kecil yang berisi program untuk mengenali kesiapan hardware, yang dibuat oleh produsen motherboard.

Selanjutnya proses diambil alih oleh operating system, yang mempersiapkan komputer untuk siap menerima instruksi selanjutnya dari pengguna.

Setelah login (masuk), anda akan mendapati tampilan seperti di bawah ini. Tampilan ini disebut dengan desktop.

                        




Icon adalah sebuah gambar kecil pada desktop, yang menjadi jalan pintas (shortcut) bagi user untuk menjalankan sebuah aplikasi.

Wallpaper adalah gambar yang dipilih untuk menjadi background, sehingga tampilan desktop menjadi lebih menarik.

Start button adalah tombol untuk membuka menu-menu utama yang ada pada komputer.

Quick Launch berfungsi seperti icon shortcut, yaitu merupakan cara cepat untuk membuka dan menjalankan sebuah aplikasi.

Application Window adalah bagian yang menunjukkan aplikasi yang sedang anda jalankan atau sedang anda buka. Setiap aplikasi yang anda buka, menampilkan sebuah bar yang jika anda tekan akan membawa anda ke aplikasi yang sedang anda buka dan menutup untuk sementara aplikasi yang lain. Fasilitas inilah yang kemudian menjadi sumber nama Windows.

Time/clock adalah penunjuk waktu yang dapat anda rubah settingnya. Waktu yang ada di sini akan dipakai oleh komputer menjadi dasar waktu bagi seluruh aplikasi dan sistem operasi, maupun sebagai panduan seluruh hardware yang berjalan pada komputer tersebut. Jika anda melakukan audit terhadap komputer, maka yang akan ditunjukkan komputer adalah waktu yang ditampilkan di bagian ini.

oke sampai di sini dulu semoga bermanfaat...

4 komentar:

  1. Terimakasih, informasi dan referensi nya sangat bermanfaat semoga sukses selalu
    My blog

    BalasHapus
  2. Artikelnya sangat membantu saya dalam perkuliahan, terimakasih kak.

    Kunjungi Blog saya di
    http://aurelliafemilya.blogspot.com/

    Dan Kunjungi juga
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus